Monday, May 15, 2017

Ancaman virus WannaCRY tidak main main, ini buktinya!

Bukan sekedar gosip murahan, hacker ramsomware ini gak main main!


Berita tentang ransomware WannaCry wara wiri di lini masa berbagai media sosial beberapa hari ini, bukan cuma di Indonesia, virus ini pun telah mengancam dunia..
Salah satu billboard LED di Thailand terlihat terinfeksi virus terkini yang dikenal dengan malware WannaCry. Terbukti kabar tentang virus model terbaru yang meminta uang tebusan ini gak main main!

billboard LED terkena virus wannacry

Virus yang dikenal juga dengan ransomware karena meminta tebusan (ransom).
Para hacker meminta sejumlah tebusan jika pengguna masih ingin file/data mereka kembali.

Hacker memberikan waktu 3 hari untuk menebus kembali data dengan tebusan setara 300$ yang harus dibayarkan melalui bitcoin, jika tidak dipenuhi maka harga tebusan akan digandakan.

Batas waktu pembayaran maksimal adalah 7 hari,jika tidak dibayar hingga akhir waktu yang ditentukan maka file atau data tersebut akan hilang selamanya.

Pada gambar berikut terlihat bagaimana contoh pesan yang muncul pada monitor PC yang terinfeksi virus ini.

tampilan virus wannacry pada desktop

Tips dari penulis:
- Selalu lakukan back up data - data penting dan simpan dalam flashdisk/USB drive.
- Pasang firewall atau antivirus yang berlisensi dan updated.
- Jangan sembarang meng-klik link yang mencurigakan yang diterima melalui email, sms, IM maupun postingan di media sosial.

Berikut data yang dihimpun para ahli dalam bentuk peta daerah yang terinfeksi WannaCry!
Terlihat pulau - pulau di Indonesia pun tak luput dari serangan sang hacker.. ckckck...

wannacry menyerang dunia


Kejadian ini pula menjadi bukti bahwa makin banyak ahli ahli teknologi yang kian pintar diluar sana, dan sangat disayangkan jika tidak digunakan dengan baik dan benar. Sama halnya di Indonesia, para hacker yang sanggup menjebol firewall situs ternama negeri kita, sebut saja Telkomsel, Indosat dan bahkan situs sekelas tempo.co.id! Hal ini patut dijadikan tamparan bagi pemerintah agar lebih giat mencari dan memperhatikan para bibit jenius yang ada di Indonesia ini dan dijadikan sumber daya penting dalam bidang teknologi.